Persepsi Warna pada design Tangible dan Intangible

Tangible berarti dapat diraba atau dapat dirasakan secara fisik, bahasa tangible ini diambil dari bahasa Inggris. Tangible pada bidang desain atau konteks visual lebih mengarah kepada elemen atau objek yang dapat dilihat atau disentuh secara nyata.

Sementara intangible ini merupakan kebalikan atau lawan dari tangible dimana dalam bidang desain atau konteks visual memiliki arti pada konsep atau ide yang sulit atau tidak dapat diraba, seperti emosi atau gagasan.

Sementara warna merupakan unsur dari sebuah desain supaya desain yang dibuat dapat tersampaikan lebih baik.

Berikut pembahasan tangible, intangible, serta persepsi warna pada sebuah visual desain.



iklan mc donalds





Iklan pada billboard yang dibuat McDonnald ini sangat menarik perhatian, bagaimana tidak. McDonnald / McD membuat iklan billboard yang dimana terdapat objek yang melebihi dari batas billboard tersebut. Iklan ini mempromosikan atau mengclaim bahwa makanan terbaik jatuh kepada  McD, jadi objek utama dari iklan ini yaitu kentang goreng tersebut. Namun yang membuat iklan ini unik yaitu ada objek lain yang melebihi batas yang dimana ini merupakan kelebihan yang dimiliki dari McD, hal ini sangat memberi kesan bahwa Mcd memang lebih baik dari makanan lain. Iklan ini masuk kedalam kategori tangible karna objek yang dipakai yaitu objek nyata berupa kentang goreng. Untuk persepsi warna yang digunakan yaitu menggunakan warna dominan merah yang menjadi latar belakang iklan ini, ini memberikan persepsi bahwa McD merupakan makanan yang mewah dan elegan.



iklan mizone


 




Berikut adalah iklan dari MIZONE, aspek dari Intangible dalam iklan ini 

pada iklan ini membantu semangat ok lagi iklan ini berhasil memberi kesan posotif kepada audience yang semangat nya sedang k.o atau kurang bersemangat.


presepsi warna biru mampu mengatasi insomnia, kecemasan, migrain, hingga tekanan darah tinggi. Lebih lanjut, warna biru tua merupakan simbol ketenangan, sementara biru cerah cenderung melambangkan rasa sedih, kesendirian, refleksi, serta kesunyian




Billboard Le Minerale







Pada billboard le minerale, ditunjukan dalam bentuk Tangible yang dimana iklan le minerale dapat kita lihat dan kita pegang, selain itu untuk visual dalam iklan tersebut dapat dikatakan tangible karena tergambarkan dengan jelas bahwa le minerale menggunakan foto produk kemasan galon dari le minerale itu sendiri sehingga audience dapat dengan mudah mengenali dan memahami isi dari billboard tersebut, selain itu billboard tersebut juga terdapat unsur intangable yang dimana unsur tersebut muncul karena pemilihan yang dominan berwarna putih yang memberikan kesan bersih ,murni dari produk tersebut.



Banner KFC







Untuk contoh desain banner KFC masuk kedalam kategori tangible, karena kita dapat rasakan, banner ini diperkuat dengan warna merah yang dominan. Dimana warna merah sendiri memiliki arti makna Keberani, Energi, Gairah, dan Kemewahan, maka dari situ warna merah sering di gunakan perusahaan yang berdada di bidang makanan, karena warna merah pada desain makanan mampu memberikan daya tarik gairah napsu makan audient.



Logo perusahaan blibli





Pada gambar logo Blibli yang termasuk kedalam intangible, karna hanya dapat di lihat namun tidak dapat di sentuh dan merupakan merek dagang.

Semangat yang dibawa dengan logo baru ini adalah “Simplify to Amplify” yang menekankan pada kesederhanaan, keberagaman dan keteraturan. Yang pasti, Blibli semakin menguatkan komitmen untuk terus memberikan pengalaman belanja yang makin mudah terpercaya dan memuaskan bagi pelanggan.

Terdapat warna biru, menggunakan shade biru yang baru agar terlihat lebih dinamis, menggambarkan semangat Blibli yang tetap dinamis dalam melayani pelanggan di seluruh Indonesia.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

presepsi sosial "bakso podo tresno"

kesalahan persepsi pada iklan A MILD